Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Ternyata Begini Asal-Usul Pengrajin Senapa Angin Di Desa Cikeruh Sumedang

Pengrajin Senapan angin di Desa Cikeruh Sumedang (Foto: Republika)

Seringmain.com | Sumedang
- Berlokasi di Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang terdapat salah satu daerah yang terkenal dengan pengrajin senapan angin yakni Desa Cikeruh.

Dilansir dari channel youtube @Kusmiyadi, Idih selaku ketua pengrajin senapan angin di Jatinangor mengatakan bahwa pengrajin senapan angin di Desa Cikeruh sudah ada sejak lama dan turun temurun.

Awalnya, pada tahun 1800 san hingga 1964, warga di Desa Cikeruh ini berprofesi hanya sebagai reparasi senapan angin dari luar negeri saja.

Tapi, lama-kelamaan warga desa ini bisa membuat senapan angin seperti luar negeri. Namun, pada tahun 1964 itu para pengrajin senapan di Desa tersebut belum banyak, melainkan hanya ada sembilan orang.

Akan tetapi ketika memasuki tahun 1970 an, bertambah menjadi 29 orang. Nah, dari situ para pengrajin senapan di Desa Cikeruh terus berkembang hingga pada tahun 1980 berjumlah 380 orang.

Pada saat terjadi moneter pada tahun 1998, pengrajin senapan angin mengalami penurunan drastis hingga tersisa hanya 60 orang, sampai pada tahun 2017 jumlah pengrajin kembali bertambah menjadi sekitar 170 lebih.

Senapan angin yang dibuat di Desa Cikeruh ini memiliki tiga jenis, diantaranya yakni senapan per, senapan pompa dan ada senapan gas. Untuk penjualan sendiri, senapan angin ini sudah berkeliling Indonesia dari mulai Sabang hingga Merauke. (Dmg)

Posting Komentar untuk "Ternyata Begini Asal-Usul Pengrajin Senapa Angin Di Desa Cikeruh Sumedang"