Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Kampung Kasepuhan Ciptagelar Dan Kesakralan Padi Sebagai Wisata Sukabumi

Kampung Kasepuhan Ciptagelar (Foto:kompasiana.com)

SUKABUMI
- Dari sekian banyak Kampung adat di Indonesia, Kampung adat Ciptagelar merupakan salah satu destinasi wisata Sukabumi yang bisa kita kunjungi. Disana kalian akan menemukan suasana pedesaan asri nan unik.

Berlokasi di selatan Taman Nasional Gunung Halimun, Tempat Wisata Sukabumi ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara. Berbeda dengan pedesaan pada umumnya Kampung Ciptagelar ini tetap memegang erat aturan dari pendahulunya.

Dahulu, masyarakat kampung kasepuhan Ciptagelar sempat bermukim di wilayah Ciptarasa. Akan tetapi pada tahun 2001, semua penduduk yang berjumlah 16.000 orang ini melakukan hijrah ke salah satu tempat yang kini diberi nama kampung Kasepuhan Cipta gelar.

Hijrah atau perpindahan pemukiman yang dilakukan tersebut bukan karena keinginan mereka, melainkan hal tersebut dilakukan karena wangsit (amanat) yang diberikan oleh para leluhur dan pendahulu dari kampung tersebut.

Sebagai keturunan Sunda, Tempat wisata Kasepuhan Ciptagelar ini menggunakan lumbung (Leuit) untuk menyimpan hasil panennya yang berupa gabah padi. Selain itu, menurut peraturan dari sesepuh dan leluhur kampung tersebut tidak boleh memperjual belikan padi.

Akan tetapi ketika seorang bayi yang lahir atau satu pasangan menikah, di kampung tersebut biasanya akan diberi hadiah berupa leuit. Hal tersebut dilakukan karena bentuk rasa hormat mereka terhadap para leluhurnya.

Bahkan, hingga saat ini beberapa ritual dari tradisi kampung tersebut masih dilaksanakan. Contohnya seperti sebelum menanam padi biasanya akan diadakan ritual upacara keselamatan berupa berziarah ke makam leluhur.

Lalu ada ritula yang bernama Seren Taun, inilah puncak ritual dari alur kehidupan padi. Ritual ini menjadi ritual sebagai bentuk penghormatan pada leluhur. Dalam ritual tersebut, padi hasil panenan mereka akan diarak dan kemudian dibawa ke leuit untuk disimpan.

Selain itu, Disana kalian akan menemukan beberapa tempat seperti mushola, ruangan penyiar Radio, hingga beberapa tempat lainnya. Untuk kalian yang ingin menginap disana, biasanya kalian akan diajak tinggal di salah satu rumah warga.

Bagi kalian yang tertarik untuk berkunjung ke Tempat Wisata Sukabumi ini tak usah khawatir, karena biasanya ketika kita datang bergerombol kita bisa mengkoordinasikan kepada penduduk disana untuk meminta jemputan berupa truk atau mobil pick up yang bisa mengantar anda untuk sampai di tempat tersebut.

Sekedar saran bagi siapa saja yang menggunakan mobil pribadi sebaiknya hati-hati, atau kami sarankan untuk tidak membawanya kecuali mobil yang anda gunakan berupa mobil Offroad atau mobil yang bertenaga 4WD.

Hal tersebut kami sarankan karena selain jalannya yang terjal menanjak, disana juga kalian akan menemukan jalan yang masih beralaskan tanah merah. tentunya hal itu akan menyulitkan perjalanan kalian ketika akan berkunjung ke Kampung Kasepuhan Ciptagelar tersebut. (Dmg)

Posting Komentar untuk "Mengenal Kampung Kasepuhan Ciptagelar Dan Kesakralan Padi Sebagai Wisata Sukabumi"